Jenis Jenis Metabolisme

Jenis-Jenis Metabolisme 
  1. Katabolisme adalah penguraian suatu zat ke partikel yang lebih kecil untuk diubah menjadi energi 
  2. Anabolisme adalah reaksi untuk merangkai senyawa organik yang berasal dari molekul-molekul tertentu untuk diserap oleh tubuh.


Uraian Anabolisme Dan Katabolisme

Anabolisme mengarah pada semua aktivitas metabolisme dalam tubuh manusia yang membentuk molekul biologis, dan katabolisme mengarah pada seluruh proses metabolisme yang memecah molekul biologis.

Pertumbuhan jaringan otot adalah sebuah proses anabolik, dan pencernaan adalah aktifitas katabolik. Anabolisme juga disebut biosintesis adalah susunan reaksi dikatalisasi enzim oleh molekul-molekul yang relatif kompleks terbentuk di sel-sel hidup dari nutrisi dengan struktur yang sangat simplex.

Proses anabolik, mencakup sintesis komponen sel seperti protein, lipid, dan karbohidrat membutuhkan energi dalam ragam senyawa kaya energi (contohnya, adenosin trifosfat) yang dihasilkan saat proses pemecahan (katabolisme). Dalam sel tumbuh, proses anabolik mengendalikan katabolik. Dalam sel non-tumbuh, balance ada di antara keduanya. Metabolisme individu merupakan semua aktifitas  fisik dan kimia dalam tubuh yang menggunakan atau energi rahasia.

Metabolisme terbentuk dalam dua ragam: anabolisme dan katabolisme. Katabolisme memecah dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas fisik. Pencernaan adalah kegiatan katabolik sebab diperlukan makanan dan mengklasifiksikannya ke dalam molekul kecil. Molekul-molekul ini lalu ditranfer ke sel-sel lain dalam tubuh untuk mengubah menjadi energi.

Anabolisme dan katabolisme Serta Berikut Contoh

Anabolisme adalah lawan dari katabolisme karena mengembangkan molekul dalam tubuh. Itu menjadikan molekul bertambah besar dari molekul yang lebih kecil. Aktivitas Anabolik termasuk mengembangkan jaringan otot baru, menutrisi tulang, atau menciptakan sel-sel baru. Molekul-molekul yang dihasilkan adalah hal-hal seperti protein dan karbohidrat.

Anabolisme mengangkut molekul kecil yang dipecah selama katabolisme dan menggunakannya untuk membentuk bahan baru, kuat didalam tubuh. Anabolisme dan katabolisme satu sama lain penting untuk kesehatan dan stamina fisik. Tubuh yang sehat memelihara keseimbangan yang sama antara bangunan, atau anabolik, tahapan dan pemecahannya, atau tahapan katabolik.
______________________________________
Keterangan : Artikel ini sebagai bahan perbandingan dengan pengetahuan islam, di ambil dari berbagi sumber


Judul : Jenis Jenis Metabolisme
Url : https://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/09/jenis-jenis-metabolisme.html
Diskripsi :
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.

Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.

Salam Hormat

Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135

0 komentar:

Posting Komentar

 

 Subscribe in a reader