Pembagian Gejala gejala Dalam Ilmu Pengobatan
Terjemah Al Qonun Ibnu Sina
Gejal Gejala Terdiri 4 bagian :
________________________________________
SUBJEK TERDEKAT DAN TERJAUH DALAM MEDIS
Maudlu Aqrab (Subjek Terdekat) adalah jasmani dan rohani. Maudlu ‘abad (Subjek Terjauh) adalah Akhlath (Campuran) . Subjek terjauh adalah rukun rukun [pundamental]. Ini merupakan pokok dasar ilmu medis.
Kedua pelajaran ini, mengikuti struktural, meskipun seringkali berbarengan dgn melihat perubahan [metabolisme]. Semua ditempatkan seperti itu, menurut Ibnu Sina. Bahwa yg demikian disusun berdasarkan visual struktural dan transformasi-nya, sehingga session ini menjadi satu kesatuan masalah dan pelajaran yg behasil mendominasi.
MIZAH & HA'IAT MASUK PADA KATAGORI GEJALA MADIAH
Mizah” ( atau tab’at/perangai/watak. @pen_) maupun Hai’at (Penampilan/roman wajah @pen_) adakalanya masuk pd katagori gejala gejala"Madiayah" Adapun mizah, mengikuti pacu perubahan. Dan Hai’at, mengikuti lintasan sturktural
Catatan kaki : Dari kasus gambar diatas, Rumusan cara mendiagnosa keadaan seseorang sakit maupun sehat bisa dengan ASBAB -MADIAH , Yaitu dengan melihat perangai ataupun raut wajah. Pen___aa +miftah hudaya
________________________________________
Oleh Aa miftah Hudaya, Contoh kasus : Jika seorang dokter kedatangan penderita darah tinggi, terlebih dahulu dokter melihat tabiat peyakit. Darah tinggi tabiat-nya [kelebihan panas + basah dalam dzat tubuh], secara logis, muntadlodah [lawan] dari sifat tersebut adalah [dingin + kering ]. Dan unsur dingin kering menjadi obat untuk tabiat penyakit yg mempunyai unsur panas basah. Ini dikenal dengan metode keseimbangan atau I'tidal menurut Ibnu Sina. (Contoh logis , mematikan api [bersifat panas] dengan air [bersifat dingin]). Namun pada bidang ini, mendignosa penyakit dan sehat hanya dari sisi mengenali perubahan mental dan roman [raut]. Ini yg dikenal dng gejala madiyah [material]
________________________________________
Keterangan : *[الموضوعة ] fi qomus : pokok, topik, subyek, tema, isu, pertanyaan, masalah; 2. artikel, esai, risalah, pelajaran. *[يساق] mengiring, menyebutkan, mengirim , menghaturkan *[تركيبه] fi qomus : struktur, susunan, komposisi, konstitusi, pembangunan. * [تلحق ] Fi qumus : menyetarakan, menyusul, menangkap, mendapatkan, mengikuti, berhasil, menyertakan, melampirkan, mengikutkan
Terjemah Al Qonun Ibnu Sina
لكن الأسباب أربعة أصناف : مادية وفاعلية وصورية وتمامية والأسباب المادية : هي الأشياء الموضوعة التي فيها تتقوم الصحة والمرض
- Gejala Madiah [Material]
- Gejala Failiyah [Efektivitas]
- Gejala Shuariyah [ Formal]
- Gejala Tamamiyah [Penyempurnaan]
________________________________________
: أما الموضوع الأقرب فعضو أو روح . وأما الموضوع الأبعد فهي الأخلاط وأبعد منه هو الأركان
Maudlu Aqrab (Subjek Terdekat) adalah jasmani dan rohani. Maudlu ‘abad (Subjek Terjauh) adalah Akhlath (Campuran) . Subjek terjauh adalah rukun rukun [pundamental]. Ini merupakan pokok dasar ilmu medis.
وهذان موضوعان بحسب التركيب وإن كان أيضاً مع الاستحالة وكل ما وضع كذلك فإنه يساق في تركيبه واستحالته إلى وحدة ما وتلك الوحدة في هذا الموضع التي تلحق تلك الكثرة : إما مزاج وإما هيئة . أما المزاج فبحسب الاستحالة وإما الهيئة فبحسب التركيب
MIZAH & HA'IAT MASUK PADA KATAGORI GEJALA MADIAH
Mizah” ( atau tab’at/perangai/watak. @pen_) maupun Hai’at (Penampilan/roman wajah @pen_) adakalanya masuk pd katagori gejala gejala"Madiayah" Adapun mizah, mengikuti pacu perubahan. Dan Hai’at, mengikuti lintasan sturktural
Catatan kaki : Dari kasus gambar diatas, Rumusan cara mendiagnosa keadaan seseorang sakit maupun sehat bisa dengan ASBAB -MADIAH , Yaitu dengan melihat perangai ataupun raut wajah. Pen___aa +miftah hudaya
________________________________________
Oleh Aa miftah Hudaya, Contoh kasus : Jika seorang dokter kedatangan penderita darah tinggi, terlebih dahulu dokter melihat tabiat peyakit. Darah tinggi tabiat-nya [kelebihan panas + basah dalam dzat tubuh], secara logis, muntadlodah [lawan] dari sifat tersebut adalah [dingin + kering ]. Dan unsur dingin kering menjadi obat untuk tabiat penyakit yg mempunyai unsur panas basah. Ini dikenal dengan metode keseimbangan atau I'tidal menurut Ibnu Sina. (Contoh logis , mematikan api [bersifat panas] dengan air [bersifat dingin]). Namun pada bidang ini, mendignosa penyakit dan sehat hanya dari sisi mengenali perubahan mental dan roman [raut]. Ini yg dikenal dng gejala madiyah [material]
________________________________________
Keterangan : *[الموضوعة ] fi qomus : pokok, topik, subyek, tema, isu, pertanyaan, masalah; 2. artikel, esai, risalah, pelajaran. *[يساق] mengiring, menyebutkan, mengirim , menghaturkan *[تركيبه] fi qomus : struktur, susunan, komposisi, konstitusi, pembangunan. * [تلحق ] Fi qumus : menyetarakan, menyusul, menangkap, mendapatkan, mengikuti, berhasil, menyertakan, melampirkan, mengikutkan
Judul : Pembagian Gejala Penyakit Dan Sehat
Url : https://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/09/pembagian-faktor-gejala-sehat-sakit-al.html
Diskripsi : Gejala Penyakit, Penyebab Sehat, Pembagian gejala penyakit,
Url : https://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/09/pembagian-faktor-gejala-sehat-sakit-al.html
Diskripsi : Gejala Penyakit, Penyebab Sehat, Pembagian gejala penyakit,
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.
Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.
Salam Hormat
Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135
Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.
Salam Hormat
Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135
0 komentar:
Posting Komentar