Pembagian Keseimbangan Dalam Kedokteran

Memahami makna keseimbangan (balance) dalam Ilmu Medis 


والقسم الأوّل : هو الاعتدال الذي للإنسان بالقياس إلى سائر الكائنات وهو شيء له عرض وليس منحصر في حد وليس ذلك أيضاً كيف اتفق بل له في الإفراط والتفريط حدان إذا خرج عنهما بطل المزاج عن أَن يكون مزاج إنسان




Pembagian yg pertama, 
        Keseimbangan yg dimilik manusia yg bisa dibuktikan melalui analogi yg terdapat dalam sebuah siklus seluruh penciptaan.  Keseimbangan juga memiliki sisi [titik tengah] dan tidak terlahang oleh sebuah batasan. Bagaimana yg demikian bisa selaras? Meskipun begitu, keseimbangan dalam ifrath [kelebihan] dan tafrith [kekurangan] menjadi dua titik kulminasi terhadap kelebihan dan kekurangan unsur.  Jika keduanya keluar dari batasnya,  maka rusaklah “unsur tabiat” yg dimiliki-Nya.


وأما الثاني : فهو الواسطة بين طرفي هذا المزاج العريض ويوجد في شخص في غاية الاعتدال من صنف في غاية الاعتدال في السنّ الذي يبلغ فيه النشوّ غاية النموّ وهذا أيضا " وإن لم يكن الاعتدال الحقيقي المذكور في ابتداء الفصل حتى يمتنع وجوده فإنه مما يعسر وجوده وهذا الإنسان أيضاً إنما يقرب من الاعتدال الحقيقي المذكور لا كيف اتفق ولكن تتكافأ أعضاؤه الحارة كالقلب والباردة كالدماغ والرطبة كالكبد واليابسة كالعظام فإذا توازنت وتعادلت قربت من الاعتدال الحقيقي




Bagian yg kedua, 
Mediasi antara dua titik kulminasi tabiat yg luas dan didapati pada seseorang dalam batas akhir keseimbangan berdasarkan golongan [kelompok] pada batas keseimbangan usia [umur]  yg  mencapai perkembangan batas akhir pertumbuhan. Dan ini juga : “ jika tidak pernah ada keseimbangan aktual yg diuraikan pada pasal pertama, sehingga tertahan eksistensinya, bahwasanya itu berasal dari apa yg membuat sulit keberadaannya.

Manusia juga bisa mendekati keseimbangan aktual yg telah diurai, lalu bagaimana ini tidak selaras?. Namun organ tubuh manusia memiliki unsur sepadan.  Yaitu :“ Unsur Panas Seperti jantung, Unsur Dingin seperti otak, unsur basah seperti liver dan unsur kering seperti tulang.”  Apabila semuanya seimbang dan sepadan, maka itu mendekati keseimbang aktual.



Judul : Pembagian Keseimbangan Dalam Kedokteran
Url : https://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/10/pembagian-keseimbangan-dalam-kedokteran.html
Diskripsi :
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.

Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.

Salam Hormat

Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135

0 komentar:

Posting Komentar

 

 Subscribe in a reader