Islam Dan Ilmu Pengobatan

Thibb An Nabawi dalam Al-Qanun .

Walau bercampur antara filsafat dan kedokteran, Al-Qanun tetap menjadi pijakan banyak dokter, sehingga sampai di tulis Syarah maupun ringkasannya, hingga terbitlah Jauhar Al-Maqnun fi Al Bahr Al-Qanun, juga Al Mukhtastar Al Farisi, sebagai ringkasannya.

Walaupun banyak mengambil teori kedokteran asing. Kedokteran Arab lokal tidak pula otomatis hilang dari Al-Qanun. Ibnu sina juga bicara mengenai bekam, sebagaiman dibicarakan para dokter Muslim. Beliau berpendapat tidak melakukan bekam di tengkuk karena bisa menghilangkan hafalan, dengan berdalih pada sebuah Hadist Rasulullah SAW, beliau juga menerangkan waktu-waktu yang baik untuk melakukan terapi ini. Beliau juga berbicara mengenai obat-obatan Arab, seperti
Za’faran, burdi atau telur. Bahkan obat-obatan yang dilarang dalam Thibbun Nabawi nuga dikupas oleh Ibnu Sina, salah satunya mengenai larangan berobat dengan menggunakan katak. Mengenai praktik jirahah (operasi) yang juga dibahas dalam Thibbun Nabawi, malah memiliki porsi banyak dalam Al-Qanun. Tak heran pendapatnya juga banyak di nukil di beberapa kitab Thibbun Nabawi.

Nah, di saat aliran kedokteran filsafat ini banyak di anut, ketidakstabilan polotik terjadi, karena serangan besar-besaran, baik oleh pasukan tatar maupun pasukan salib. Dimasa ini, terkadang pengobatan sudah tidak lagi merujuk kepada ilmu kedokteran yang populer kala itu. Sebab, langkahnya rempah-rempahan yang di import dari India, Cina, atau Persia. Oleh karena itu, para dokter merujuk Thibbun Nabawi, yang banyak menggunakan bahan-bahan lokal. Biaya berobat juga amat mahal, sedangkan para dokter banyak menulis obat-obatan yang langka, yang mungkin bisa digunakan oleh para bangsawan saja. Karena itu, beberapa ulama seperti Ibrahim Al Arzaq menulis kitab Thibbun Nabawi yang berjudul Tashil Am Manafi, yang maknanya permudahan hal-hal yang bermanfaat.


Lanjutkan  1 2 3 4   Kembali 


Judul : Islam Dan Ilmu Pengobatan
Url : http://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/09/islam-dan-ilmu-pengobatan.html
Diskripsi :
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.

Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.

Salam Hormat

Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135

0 komentar:

Posting Komentar

 

 Subscribe in a reader