3 Bagian Tubuh Utama Manusia

Pembagian Organ
Organ Otak, Organ Jantung Dan Liver adalah Organ Utama

وأما باعتبار كل عضو في نفسه إلا عضواً واحداً وهو الجلد على ما نصفه بعد .وإما بالقياس إلى الأرواح وإلى الأعضاء الرئيسة فليس يمكن أن يكون مقارباً لذلك الاعتدال الحقيقي بل خارجاً عنه إلى الحرارة والرطوبة .فإن مبدأ الحياة هو القلب والروح وهما حاران جداً مائلان إلى الإفراط .

Dengan pertimbangan semua organ dalam senyawanya, kecuali organ yang satu. Yaitu organ kulit atas yg separuhnya jauh. Adapun Analogi terhadap rohani dan organ tubuh utama, maka tidak mungkin saling mendekati keseimbangan aktual,  namun muncul dari analogi terhadap sifat panas dan basah .

Sifat Jantung Dan Ruh 

       Sesungguhnya permulaan hidup adalah hati [jantung] dan ruh . kedua memiliki sifat begitu panas hingga cendrung berlebih.

والحياة بالحرارة والنشوء بالرطوبة بل الحرارة تقوم بالرطوبة وتغتذي بها .والأعضاء الرئيسة ثلاثة كما سنبين بعد هذا والبارد منها واحد وهو الدماغ .وبرده لا يبلغ أن يعدل حر القلب والكبد .واليابس منها أو القريب من اليبوسة واحد وهو القلب ويبوسته لا تبلغ أن تعدل مزاج رطوبة الدماغ والكبد .وليس الدماغ أيضاً بذلك البارد ولا القلب أيضاً بذلك اليابس ولكن القلب بالقياس إلى الآخر يابس والدماغ بالقياس إلى الآخرين بارد

Kehidupan bersifat panas dan pertumbuhan [permulaan] bersifat basah. Namun senyawa panas berdiri bersama sifat basah dan memakannya.

ORGAN UTAMA MANUSIA

Anggota badan utama [roi'sah, kepala] terdiri atas tiga bagian,  sebagaimana kami akan menjelaskannya setelah ini. Yang dingin [barid] dari anggota utama adalah satu, yakni otak. Temperatur dingin otak tidak terlalu tinggi, karena diimbangi oleh panasnya jantung, dan liver .

Yang kering [yabis] dari anggota utama [roi'sah] atau yg mendekati basah satu organ, yakni jantung. Temperatur senyawa kering jantung tidak terlalu berlebih, karena di imbangi oleh senyawa basah otak dan liver. Begitu juga otak tidaklah bersifat dingin, begitu juga jantung, panasnya tidaklah bersifat kering, Namun jantung mengikuti analogi lain yg bersifat kering. Sedangkan otak mengacu pada lintasan analogi keduanya bersifat basah.




Judul : 3 Bagian Tubuh Utama Manusia
Url : http://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/10/3-bagian-tubuh-utama-manusia.html
Diskripsi : Anggota badan utama [roi'sah, kepala] terdiri atas tiga bagian, sebagaimana kami akan menjelaskannya setelah ini. Yang dingin [barid] dari anggota utama adalah satu, yakni otak. Temperatur dingin otak tidak terlalu tinggi, karena diimbangi oleh panasnya jantung, dan liver .
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.

Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.

Salam Hormat

Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135

0 komentar:

Posting Komentar

 

 Subscribe in a reader