Pertimbangan Keseimbangan Ilmu Kedokteran

وأما القسم الثالث : فهو أضيق عرضاً من القسم الأول أعني من الاعتدال النوعي إلا أن له عرضاً صالحاً وهو المزاج الصالح لأمةٍ من الأمم بحسب القياس إلى إقليم من الأقاليم وهواء من الأهوية فإن للهند مزاجاً يشمهلم يصحون به . فيكون إذن لكل واحد من أصناف سكان المعمورة مزاج خاص يوافق هواء إقليمه 

Pembagian yang ke 3, lebih sempit dari bagian pertama , Kami memaknainya dari sebuah keseimbangan ragam,  kecuali bahwa luas yang kompeten baginya adalah watak yang berguna bagi umat dari semua umat mengikuti ukuran terhadap daerah dari beberapa daerah, dan udara dari pelbagai udara. maka bahwa orang india baginya memiliki tempramental [keadaan mental] membuat mereka sehat. demikian juga orang saqaliba memiliki keadaan mental, mereka begitu memperhatikan dan mereka sehat karena keadaan mentalnya.

Setiap salah satu dari keduanya merupakan keseimbangan menurut takaran terhadap golongannya dan bukan keseimbangan menurut analogi terhadap yang lain. Sesungguhnya tabiat orang india apabila melakukan penyesuaian terhadap tempramental orang shokolaabi maka mereka akan jatuh sakit dan dipastikan hancur. Demikian juga kondisi tubuh orang saqaliba apabila [takayafa, mengadakan penyesuaian] dengan tempramental orang india dipastikan mendapatkan hukum yg sama.

Maka terdapat lisensi bagi setiap salah satu dari kelompok penghuni dengan tempramental khusus yg sepadan terhadap udara didaerahnya.

وأما القسم الرابع : فهو الواسطة بين طرفي عرض مزاج الإقليم وهو أعدل أمزجة ذلك الصنف .


Bagian yg ke empat, adalah mediasi antara sisi kulminasi tabiat daerah . demikian adalah perangai perangai yg paling seimbang dari golongan tersebut.

وأما القسم الخامس : فهو أضيق من القسم الأوّل والثالث وهو المزاج الذي يجب أن يكون لشخص معيّن حتى يكون موجوداً حيا " صحيحاً وله أيضاً عرض يحدّه طرفا إفراط وتفريط .ويجب أن تعلم أن كل شخص يستحق مزاجاً يخصّه يندر أو لا يمكن أن يشاركه فيه الآخر

Pembagian yang ke 5, lebih sempit dari pembagian yg petama dan ketiga, adalah watak yang perlu ada bagi individu yg membantu. Sehingga pribadi itu ada dan hidup sehat, Dan baginya juga memiliki sisi yg membatasi kedua ujung ifrath dan tafrith.

Dan perlu kamu ketahui bahwa setiap individu berhak mempunyai watak yang jarang, atau tidak mungkin bersama pada yang lain.

Judul : Pertimbangan Keseimbangan Ilmu Kedokteran
Url : http://al-qonun-fithib.blogspot.com/2015/10/pertimbangan-keseimbangan-ilmu.html
Diskripsi :
Terima kasih banyak atas kunjungan.Namaku Miftah Hudaya, aku seorang penulis dan Penerjemah kitab. Kegemaranku membantu orang yang sakit dengan menberikan saran agar tetap mengutamakan sunnah Rasul SAW dalam mengambil tindakan medis, Karena pengobatan Islam adalah pengobatan yg lebih tamami ketimbang pengobatan manapun.

Kesukaanku akan pengobatan Islam, menerangi semangatku untuk menerjemahkan kitab Al-Qonun sebuah karya emas Syeikh Ibnu sina, yang di pakai rujukan kedokteran dunia dari dulu hingga sekarang. Silahkan membaca, Mohon untuk tidak Meng-copy-paste.

Salam Hormat

Miftah Hudaya
Wa/Line : 0817-900-1135

0 komentar:

Posting Komentar

 

 Subscribe in a reader